Wednesday, 1 May 2019

Cara Agar Tak Dimasukkan ke Grup WhatsApp Tanpa Persetujuan



Admin grup WhatsApp kini tak dapat seenaknya menambahkan sembarangan orang ke dalam sebuah grup yang ia ciptakan.
Ini dimungkinkan lantaran WhatsApp telah menambahkan fitur pembatasan siapa saja yang dapat diundang ke dalam sebuah grup
“Kami memperkenalkan pengaturan privasi dan sistem pengundangan baru untuk membantu Anda memutuskan siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup,” pernyataan WhatsApp di lamannya dikutip Kamis (4/4/2019).
Dengan kata lain, pengguna memiliki kontrol lebih besar atau punya hak untuk menolak dimasukkan ke dalam grup tertentu.
Sebelumnya, tak ada batasan dalam hal ini, siapa saja dapat diundang.
Adapun cara agar tak dimasukkan ke grup WhatsApp tanpa persetujuan dapat dilakukan dengan melakukan sedikit pengaturan di menu Setelan (Settings), yang akan dijumpai saat mengakses Akun (Account) > Privasi (Privacy) > Grup (Groups).
Kemudian, akan ditemukan tiga opsi, yakni Tidak Ada (Nobody), Kontak Saya (My Contacts), dan Semua Orang (Everyone). Pilih salah satu.
Opsi “Semua Orang” memungkinkan siapa saja dapat dimasukkan admin ke grup tanpa batasan.
“Kontak Saya” merujuk pada hanya mereka yang ada di daftar kontak yang dapat mengundang atau memasukkan ke grup.
Terakhir, “Tidak Ada” merujuk pada persetujuan atau membutuhkan sebuah undangan untuk mengajak seseorang bergabung ke dalam sebuah grup.
Apabila admin grup ingin memasukkan pengguna yang membatasi undangan, maka harus mengirim pesan pribadi atau “japri” berisi tautan undangan ke pengguna terpilih.
Pesan tersebut memiliki “umur” 72 jam atau dengan kata lain, pengguna terpilih dapat memutuskan bergabung atau tidak dalam 3 hari sebelum pesan ini kadaluarsa.
Melansir laman WA Beta Info, fitur ini sebelumnya telah diuji coba (beta) ke pengguna Android pada akhir Februari lalu di nomor versi 2.19.5.
WhatsApp sendiri dalam pernyataannya hanya mengatakan bahwa fitur tersebut akan tersedia bagi penggunanya di seluruh dunia yang memakai aplikasi versi terbaru. Fitur pembatasan ini akan digulirkan secara bertahap.
“Pengaturan privasi baru ini akan mulai diluncurkan ke beberapa pengguna mulai hari ini [Rabu, 3 April 2019] dan akan tersedia bagi mereka yang menggunakan versi terbaru WhatsApp di seluruh dunia dalam beberapa minggu mendatang,” tulis WhatsApp.
Sumber: tirto.id

No comments:

Post a Comment